Alfred, awesome

Alfred is a productivity application for Mac OS X, which aims to save you time in searching your local computer and the web. Whether it’s maps, Amazon, eBay, Wikipedia, you can feed your web addiction quicker than ever before.

yep, aplikasi ini wajib digunakan di mac, terasa sangat ringan namun mengesankan sebagai aplikasi “productivity” keyboard shortcut. Fitur ini sesungguhnya sudah dimiliki Mac Os, yaitu Spotlight. Namun dapat dirasakan alfred memiliki keunggulan dalam kecepatan dan tampilan yang lebih bagus.

Singkatnya dengan aplikasi ini, akan mempercepat hal rutin yang biasa dilakukan di komputer tanpa menggunakan mouse. Cukup dengan menekan keyboard alt + space atau double command (sesuai setting yang dipilih), maka kolom perintah cukup diketikkan saja, misalnya ketik gmail, maka akan secara langsung web browser default akan langsung mengakses gmail, atau bahkan bisa langsung diketikkan kata kunci pencarian untuk melalui search engine teretentu seperti google. Selain itu pula dapat juga digunakan untuk perintah lainnya, seperti memulai atau menutup aplikasi, dengan cukup menambahkan kata open atau quit. Informasi lengkap shortcut bisa diperoleh melalui setting preference. Melalui setting tersebut juga pastikan untuk mengijinkan aplikasi ini langsung aktif setelah login/ startup.

Aplikasi ini dapat diunduh gratis di alamat http://www.alfredapp.com/ atau langsung download di mac App Store. Sedangkan untuk fitur lebih lengkap seperti membuka, mencari file di finder, lagu di iTunes, konten email, memerlukan aktivasi Powerpack dengan harga banderol £15.

Untuk para pengguna mac junior maupun senior yang belum merasakan mencoba aplikasi ini, dipastikan akan memberikan komentar “tau gitu dari dulu pake” (setidaknya itu yang saya alami sendiri :p). Selamat mencoba 🙂

Tagged , ,

Leave a comment