GDLN BHBP4

PANDUAN PRAKTIKUM BHBP 4

Salah satu aktivitas penting dalam pembelajaran jarak jauh melalui internet adalah aktivitas interaksi belajar, yaitu antara mahasiswa dengan mahasiswa, dan juga mahasiswa dengan dosen atau tutor. Pola komunikasi interaksi bisa dilakukan melalui internet dengan beberapa pilihan media, seperti text based(chatting), audio chat, atau bahkan hingga video chat.

Salah satu hal penting yang diharapkan terjadi selama proses interaksi tersebut adalah kolaborasi antara peserta ajar. Pada blok BHBP 4 ini, para peserta ajar dari FKG Unpad, Unjani dan Maranatha diharapkan untuk melakukan interaksi kolaborasi dalam perencanaan hingga pelaksanaan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut bersama-sama.

Terdapat banyak sekali aplikasi yang dapat mewujudkan interaksi kolaborasi tersebut melalui internet. Namun beberapa kendala kecepatan dan kestabilan koneksi internet kami rasakan memang masih menjadi kendala. Oleh karena itu, untuk BHBP 4 ini, kami telah merumuskan beberapa metode kombinasi untuk melakukan aktivitas belajar “praktikum online dan offline”.

Untuk praktikum online, kami memilih untuk memafaatkan fitur google docs. Google docs merupakan aplikasi online yang memungkinkan para user untuk dapat membuat, membuka, atau mengedit file seperti dokumen teks (word), presentasi (powerpoint), Spreadsheet, Drawing, Formulir dll. Kelebihan dari aplikasi online ini adalah memungkinkan para user untuk dapat membuka bahkan hingga mengedit file tersebut secara bersamaan (kolaborasi). Selain itu pula, fitur comment yang ada memungkinkan untuk melakukan fungsi chat antara sesama user (dalam hal ini adalah anggota kelompok).

Berikut adalah ilustrasi singkat perihal google docs :

dan juga

Cara memulai
Untuk memulai kolaborasi menggunakan google docs bisa dilakukan oleh salah satu anggota, yaitu anggota yang memiliki account google/ gmail. Pada langkah pertama cukup akses ke alamat google.com >> klik documents >> Login >> Create/ Upload files. Apabila sudah memiliki slide presentasi yang kan dijadikan bahan diskusi (misal hasil laporan survey sd), maka pilih share dan upload files. Kemudian setelah dokumen terbuka, klik Share, dan berikan Invitation (undangan) kepada anggota kelompok lainnya dan juga dosen tutor sesuai yang ada di list kelompok yang telah di upload di elearning.unpad.ac.id.

Pastikan untuk memberikan hak “can edit” kepada mereka yang diundang, agar memiliki kewenangan untuk berpartisipasi untuk mengedit dokumen yang telah di upload. Account email para anggota kelompok yang diundang tidak harus selalu account google/ gmail. Bisa saja account yahoo, hotmail dll. Namun untuk alamat selain account google tersebut, disarankan untuk melihat di video tutorial berikut terlebih dahulu

Praktikum online

1. Cek daftar pembagian kelompok (Unduh disini), bisa dilihat bahwa kelompok terdiri dari mahasiswa unpad, unjani dan maranatha. Tujuan dari praktikum online ini adalah kolaborasi dalam melakukan perencanaan hingga pelaksanaan melakukan pendidikan kesehatan gigi dan mulut masyarakat. Berikut adalah tahapan yang perlu ditempuh :

Praktikum online melalui chat di google docs dengan memanfaatkan halaman drawing dan presentation untuk berdiskusi (Sabtu, 28 April 2012). Perhatikan pembagian nama kelompok dan pembagian waktu chat.
Apabila memungkinkan diperkenankan untuk juga memanfaatkan fitur google talk untuk audio chat. Kepada anggota kelompok, apabila sudah memulai online dan chat, segera mengirimkan share link kepada alamat email dosen tutor sesuai dengan list kelompok. Dosen tutor hanya akan memantau dan bisa sesekali membantu jalannya diskusi.

)* Catatan : untuk praktikum sabtu 28 April 2012, bagi mahasiswa unpad kami sediakan fasilitas sekitar 50 komputer di lab komputer sekeloa dan 20 komputer di lab komputer cisral perpustakaan unpad dipatiukur. bagi yang membawa laptop pun bisa saja datang ke lokasi tersebut, untuk menggunakan akses wifi nya. Namun untuk persiapan sebaiknya bisa hadir 1 jam sebelum jadwal praktikum online (lihat jadwal detail di file pembagian kelompok). Bila sudah dapat melakukan koneksi dengan fasilitas pribadi dari rumah atau tempat lainnya kami persilahkan.

Tahap-tahap diskusi mencangkup :

A. Tahap perkenalan dan konsolidasi kelompok
B. Penentuan SD yang akan menjadi tempat penyuluhan ( akan diceritakan oleh mahasiswa unpad yang sudah melakukan survey awal, tetapi tidak menutup kemungkinan bila setelah diskusi dengan mahasiswa unjani dan maranatha bila ada perubahan dikarenakan alasan pertimbangan efektivitas dan efisiensi lainnya. Lakukan diskusi dengan seluruh anggota kelompok dan tentukan keputusan final lokasi sd yang akan dilakukan penyuluhan.
C. penentuan sasaran jumlah dan tingkat kelas (range usia) dari murid sd yang akan diberikan penyuluhan. dilanjutkan dengan menentukan waktu untuk melakukan diskusi lanjutan (tanpa tutor)

——————— Jadwal selanjutnya ————————–

Praktikum online melalui chat di google docs (Senin-Rabu, 30 April – 3 Mei 2012) tanpa tutor, namun tetap wajib untuk mengirimkan share link google docs yang digunakan sebagai bahasan diskusi, baik drawing, spreadsheet maupun presentation. Bahan diskusi adalah :

D. Perancangan metode penyuluhan dan pembagian tugas persiapan hingga pada tahap pelaksanaan

Praktikum online melalui chat di google docs (Kamis, 3 Mei 2012) Praktikum online melalui chat di google docs (Senin-Rabu, 30 April – 3 Mei 2012) melibatkan tutor, wajib untuk mengirimkan share link google docs yang digunakan sebagai bahasan diskusi, baik drawing maupun presentation. Bahan diskusi adalah :

E. Perancangan desain alat/ media peraga yang akan digunakan sesuai dengan rancangan metode penyuluhan yang akan dilakukan.

Buat presentasi perencanaan pelaksanaan penyuluhan, jelaskan perihal profil dan lokasi SD, rencana metode penyuluhan dan rancang desain alat peraga, pembagian tugas selama perencanaan dan rencana pelaksanaan, dikemas menjadi laporan pesentasi video (diharapkan menarik dan kreatif) diiringi dengan narasi audio menjelaskan semua aspek-aspek yang diminta. Keterlibatan kolaborasi dari seluruh anggota kelompok akan memiliki bobot penilaian tersendiri. Penilaian akan diberikan oleh para dosen tutor dan melalui polling rating di youtube secara terbuka. Paling lambat di upload di youtube tanggal 9 Mei 2012.

Praktikum offline (Kamis, 10 Mei 2012)

F. Penyelesain produksi alat peraga

Offline (Kamis, 17 mei 2012)

G. pelaksanaan penyuluhan ( lakukan dokumentasi foto dan video )

Online, (Kamis, 24 Mei 2012):

H. Upload dokumentasi
Keterlibatan kolaborasi dari seluruh anggota kelompok akan memiliki bobot penilaian tersendiri. Penilaian akan diberikan oleh para dosen tutor dan melalui polling rating di youtube secara terbuka. Paling lambat di upload di youtube tanggal 24 Mei 2012.

Leave a comment