Video Tutorial Penomoran Halaman (MS Word)

Penomoran halaman dengan menggunakan MS Word untuk mengedit naskah karya tulis (misal skripsi, thesis dll) seringkali menyulitkan, dikarenakan format yang diinginkan adalah perubahan posisi nomor halaman pada setiap awal halaman bab baru. Selain itu juga terdapat dua format, yaitu angka romawi kecil untuk halaman abstrak hingga daftar gambar, dan angka arab untuk halaman bab 1 hingga selesai. So how ???

Hal tersebut seringkali diatasi dengan dilakukan pemisahan file untuk setiap bab tersebut, hal ini menyebabkan jumlah file yang menjadi lebih banyak, kadang terjadi duplikasi, tertukar dan akhirnya membingungkan ketika saatnya diperlukan. Hal lainnya yang menjadi kerugian adalah fitur daftar isi otomatis menjadi tidak berfungsi (lihat tutorial pembuatan daftar isi).

Untuk dapat melakukan penomoran halaman dengan benar, maka sebelumnya perlu dilakukan pemisahan section, dengan cara menggunakan fitur breaks – next page. Pemisahan section akan sangat berguna apabila terdapat perbedaan format dari satu halaman dengan halaman sebelum atau sesudahnya, misal format orientation, size, posisi penomoran halaman dan juga pilihan format angka. Tetapi bila tidak ada perubahan format, saya sarankan untuk pemisahan halaman gunakan breaks – page (atau lebih dikenal page break) saja. Kombinasi kedua “breaks” tersebut dan pemisahan link yang ada antara section akan diperlihatkan secara detail dalam video tutorial berikut :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Advertisements
%d bloggers like this: